Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Oposisi Suriah Bersedia Ikut Pembicaraan Damai di Geneva

Kompas.com - 11/11/2013, 08:11 WIB
Palupi Annisa Auliani

Penulis

Sumber Reuters
ISTANBUL, KOMPAS.com - Kubu oposisi Suriah menyatakan bersedia berpartisipasi dalam pembicaraan damai internasional di Geneva, Swiss. Pernyataan itu disampaikan Koalisi Nasional Suriah, Senin (11/11/2013).

Pernyataan yang dilansir dalam bahasa Arab itu menguraikan pula syarat dan kondisi yang harus dipenuhi sebelum pembicaraan tersebut digelar. Pembicaraan itu sendiri bertujuan mengakhiri konflik dalam negeri Suriah yang sudah berlangsung selama 2,5 tahun terakhir. Salah satu tujuan pembicaraan adalah pembentukan sebuah badan transisi.

Di antara syarat kondisi yang diajukan, pertemuan harus menjamin pemberian akses pemberian bantuan ke daerah di Suriah yang terkepung konflik. Disyaratkan pula pembebasan tahanan politik dan setiap konferensi harus menghasilkan transisi politik.

Pernyataan itu juga menyampaikan akan ada sebuah komite yang membuka kembali pembicaraan dengan pasukan revolusi di dalam dan di luar Suriah, untuk menegaskan posisi dalam pembicaraan yang disebut kalangan diplomat sebagai "Geneva 2".

"Yang bisa kami lakukan adalah berharap bahwa (pertemuan di Geneva) ini akan berakhir dengan kepergian Bashar al-Assad," kata anggota koalisi, Adib Shishakly. Assad adalah Presiden Suriah saat ini.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Reuters
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com