Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Obama Minta Pemutakhiran Kebijakan soal Kuba

Kompas.com - 09/11/2013, 13:32 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com — Presiden AS Barack Obama mengatakan dirinya meminta pemutakhiran kebijakan AS soal Kuba. "Dunia sudah banyak berubah," katanya pada Jumat (8/11/2013) di Miami, Florida. Menurut Obama, AS harus lebih kreatif. "AS pun harus terus-menerus memutakhirkan kebijakan-kebijakannya," katanya memberi penekanan.

Obama mengaku dirinya terbilang generasi baru memandang Kuba. "Waktu Fidel Castro mulai berkuasa di Kuba, saya baru lahir," katanya.

Maka dari itu, kebijakan AS pada 1961 terhadap Kuba, menurut Obama, menjadi hal yang tidak memadai dengan masa tatkala Internet dan Google saat ini.

Menurut Obama, kebijakan lama Washington dalam menyikapi Kuba adalah dengan mengembargo secara ekonomi negara tersebut. Sementara, saat ini, bahkan PBB melalui resolusinya sudah menghentikan blokade selama 22 tahun tersebut.

Obama mengatakan, sejak sesi pertama pemerintahannya, dirinya sudah menghapus batas-batas yang menghalangi pengiriman uang dan perjalanan ke Kuba. Di pihak lain, pemimpin Kuba Raul Castro juga menunjukkan ekspresi untuk menghelat dialog tanpa syarat dengan AS.

Sampai kini, Washington dan Havana memang sedikit demi sedikit membuka sekat melalui pembicaraan migrasi dan kemungkinan pengiriman surat bilateral. Padahal, kedua kebijakan itu terlarang sejak 50 tahun silam.

SAUL LOEB / AFP Presiden Barack Obama saat berpidato menjelang


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com