Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Al Qaeda Bubarkan Salah Satu Afiliasinya di Suriah

Kompas.com - 08/11/2013, 22:27 WIB
DUBAI, KOMPAS.com — Pimpinan Al Qaeda Ayman al-Zawahiri memerintahkan pembubaran salah satu kelompok militan di Suriah yaitu Negara Islam Irak dan Mediterania Timur (ISIL). Perintah ini disampaikan Al-Zawahiri lewat pesan audio yang disiarkan Al-Jazeera, Jumat (8/11/2013).

Pesan audio itu menegaskan perintah sebelummya melalui surat yang juga dipublikasikan Al-Jazeera pada Juni. Surat itu diklaim ditulis oleh Zawahiri dan ditujukan untuk para pemimpin faksi Al Qaeda di Irak dan Suriah.

Dalam pesan audionya itu, Al-Zawahiri menekankan bahwa Front Al Nusra merupakan "cabang" Al Qaeda di Suriah. "ISIL akan dibubarkan, namun kelompok Negara Islam Irak (ISI) tetap berfungsi," ujar Al-Zawahiri.

"Pemimpian Al Qaeda Irak, Abu Bakr al-Baghdadi telah membuat kesalahan dengan membentuk Negara Islam Irak dan Mediterania Timur tanpa meminta izin atau memberi tahu kami," tambah Al-Zawahiri.

Meski pesan audio Al-Zawahiri itu disiarkan pada Jumat (8/11/2013), tetapi tidak jelas kapan sebenarnya Al-Zawahiri membuat dan merekam perintahnya tersebut. Lebih jauh Al-Zawahiri menambahkan, pemimpin Front Al Nusra di Suriah, Abu Mohammad al-Jawlani, juga telah berbuat kesalahan.

"Dia mengumumkan penolakannya terhadap ISIL, tanpa meminta izin kami atau memberi tahu kami," ujar dia.

Selanjutnya, kata Al-Zawahiri, ISI akan dipusatkan di Irak, sementara Front Al Nusra di Suriah merupakan cabang independen Al Qaeda yang melapor langsung ke pusat komando.

Al-Zawahiri juga meminta ISI dan Front Al-Nusra saling membantu jika dibutuhkan dan memungkinkan. Dia menegaskan baik ISI atau Al Nusra dilarang menyerang sesama Muslim tanpa persetujuan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com