Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Oposisi Suriah Kehilangan Bandara Aleppo

Kompas.com - 08/11/2013, 16:06 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com -Sedikit demi sedikit, oposisi Suriah mulai kehilangan Bandar Udara (Bandara)  Internasional Aleppo. Padahal, setahun sebelumnya, bandara ini menjadi salah satu basis kuat oposisi menghantam ibu kota Damaskus dari arah utara.


Warta AP pada Jumat (8/11/2013) menunjukkan analisis Pengamat HAM Suriah. "Sedikit demi sedikit, oposisi akan kehilangan bandara itu,"kata pernyataan lembaga tersebut.

Baku tembak merebak sejak pukul 04.00 hari ini antara pasukan rezim Suriah versus kelompok oposisi. Pasukan pemerintah mendapat dukungan dari Hezbollah Lebanon. Sementara, oposisi dibantu oleh grup pemberontak terafiliasi dengan Al Qaeda.

Wilayah yang akhirnya berhasil direbut kembali oleh pasukan pemerintah adalah Base 80. Wilayah ini memang masuk dalam kawasan bandara tersebut. Pada Februari, kelompok oposisi melancarkan rencana serangan dari sini.

Lembaga itu juga menyampaikan catatan termutakhir kalau 120.000 orang sudah tewas dalam konflik berdarah di Suriah yang meruyak sejak Maret 2011. "Sementara, jutaan warga Suriah kini menjadi pengungsi di berbagai negara tetangga,"kata lembaga tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com