Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Laporan Kekerasan Seksual di Militer AS Meningkat

Kompas.com - 08/11/2013, 09:30 WIB
Pentagon mengatakan laporan-laporan kekerasan seksual dalam dinas militer meningkat hampir 50 persen semasa tahun fiskal terakhir.

Angka-angka baru dari Departemen Pertahanan AS menunjukkan ada 3.500 lebih pengaduan serangan seksual dalam tiga kuartal pertama tahun fiskal itu, yaitu dari bulan Oktober 2012 sampai  Juni 2013. Tahun lalu, ada sekitar 2.400 laporan kekerasan seksual.

Kekerasan seksual didefinisikan dalam laporan itu sebagai pemerkosaan, sodomi atau kontak seksual lainnya yang tidak diinginkan. Kekerasan seksual tidak mencakup laporan-laporan pelecehan seksual.

Data tersebut tidak dapat menunjukkan apakah lonjakan jumlah laporan itu mencerminkan peningkatan dalam jumlah serangan seksual, peningkatan dalam pelaporan serangan seksual, atau keduanya.

Para pejabat Departemen Pertahanan mengatakan angka-angka baru itu menunjukkan orang merasa lebih bersedia untuk tampil dan melaporkan tentang serangan yang dialaminya karena adanya perbaikan dalam sistem militer untuk menangani masalah-masalah itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com