Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kelompok Taliban Pakistan Pilih Pemimpin Baru

Kompas.com - 07/11/2013, 20:34 WIB
MIRANSHAH, KOMPAS.com — Kelompok Taliban Pakistan, Kamis (7/11/2013), memilih Maulana Fazlullah sebagai pemimpin baru menggantikan Hakimullah Mehsud yang tewas akibat serangan drone AS pekan lalu.

Sebelumnya, Fazlullah selama dua tahun memimpin Taliban di Lembah Swat pada 2007-2009, sebelum operasi militer Pakistan memukul mundur mereka keluar dari Swat.

Selama berkuasa di Lembah Swat, Fazlullah dan Taliban menerapkan Syariah Islam yang sangat keras, termasuk hukuman pancung di ruang publik, mencambuk pelaku kejahatan, bahkan membakar sekolah.

Taliban Pakistan atau Tehreek-e-Taliban (TTP) mengumumkan pemilihan pemimpin baru ini dalam sebuah jumpa pers di sebuah lokasi rahasia di timur laut Pakistan.

Setelah nama Fazlullah diumumkan, terjadi perayaan meriah di Miranshah, kota utama di Waziristan Utara. Terdengar suara senapan mesin ditembakkan ke udara mewarnai perayaan itu.

Tewasnya Hakimullah Mehsud itu terjadi di saat Pemerintah Pakistan bersiap untuk bertemu perwakilan TTP untuk membuka kemungkinan pembicaraan damai.

Serangan drone AS itu memicu kemarahan Islamabad dan Menteri Dalam Negeri Chaudry Nisar menyebut Washington menyabotase upaya perdamaian di Pakistan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com