Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PM Thailand Gelar Pertemuan Keamanan

Kompas.com - 07/11/2013, 12:33 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com - Perdana Menteri (PM) Thailand Yingluck Shinawatra menggelar pertemuan keamanan sebagai langkah antisipasi meruyaknya unjuk rasa. Pertemuan itu, tulis laman Bangkok Postpada Kamis (7/11/2013) menyertakan antara lain Deputi Perdana Menteri Pracha Promnok, Menteri Dalam Negeri Charupong Ruangsuwan, Kepala Polisi Thailand Adul Saengsingkaew, dan Kepala Kepolisian Bangkok Kamronwit Thoopkrachang.
Di samping pejabat-pejabat itu, dalam rapat tersebut hadir pula Sekretaris Tetap Departemen Pertahanan Jenderal Nipat Thonglek dan Sekretaris Jenderal Dewan Keamanan Nasional Paradorn Pattanatabut.

Sementara itu, pengunjuk rasa penentang undang-undang amnesti bergerak dari Jalan Ratchadamnern menuju Kantor Pemerintah di Kota Bangkok. Demo makin meruyak lantaran kelompok propemerintah juga menyiapkan unjuk rasa. Belum ada catatan adanya bentrokan antara kedua kelompok itu.

Sejauh ini, polisi sudah menempatkan penghalang beton setinggi dua meter di depan Kantor Pemerintah. Dengan penghalang itu, akses menuju kantor PM Yingluck tersebut cuma menggunakan Jembatan Orathai. Kendaraan masuk dan keluar di kawasan itu mesti melewati pemeriksaan ketat kepolisian.

Pemerintah Thailand getol mengupayakan undang-undang ini yang menyasar pengampunan untuk pihak-pihak yang terlibat dalam penggulingan Perdana Menteri (PM) Thaksin Shinawatra pada 2006 silam.

Sementara, kelompok penentang justru menganggap kalau undang-undang amnesti memberi peluang bagi Thaksin untuk berkuasa kembali. Kini, Thaksin tinggal di luar Thailand.
 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com