Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Peluru Menembus Atap Kedutaan Besar Vatikan di Damaskus

Kompas.com - 06/11/2013, 07:30 WIB
Palupi Annisa Auliani

Penulis

Sumber
DAMASKUS, KOMPAS.com — Sebuah tembakan "mampir" ke Kedutaan Besar Vatikan di Damaskus, Suriah, Selasa (5/11/2013) pagi. Namun, belum dapat dipastikan apakah tembakan itu sengaja diarahkan ke kedutaan tersebut atau nyasar saja.

Tidak ada korban jiwa dalam insiden tersebut, tetapi kerusakan terjadi pada bangunan gedung. "Peluru mengenai atap kedutaan sekitar pukul 06.30, menyebabkan kerusakan material," ujar Giorgio Ghezza, diplomat Vatikan, pada AFP.

Nuncio atau Duta Besar Vatikan untuk Suriah, Kardinal Mario Zenari, mengatakan kepada Radio Vatikan bahwa peluru sudah biasa berseliweran di sekitar kedutaan. Menurut dia, peluru-peluru itu melintas ketika mengarah ke pusat ibu kota Suriah.

"Kami tidak tahu mengapa terjadi ... kami tidak bisa mengatakan bahwa Kedubes Vatikan menjadi sasaran," kata Zenari. Namun, insiden ini mendorong Zenari untuk mendesak masyarakat internasional agar memperkuat upaya mengakhiri konflik Suriah yang sudah berlangsung lebih dari dua tahun.

"Rakyat Suriah berharap kekerasan dapat segera dihentikan," kata Zenari. "Mereka muak dengan konflik." Sampai Oktober 2013, konflik Suriah sudah memakan korban jiwa lebih dari 120.000 orang dan memaksa jutaan warga Suriah mengungsi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com