Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Marvel Comics Ciptakan Karakter Gadis Muslim Protagonis di Komiknya

Kompas.com - 06/11/2013, 05:53 WIB
Palupi Annisa Auliani

Penulis

Sumber AP
NEW YORK, KOMPAS.com — Penerbit komik ternama Amerika, Marvel Comics, menciptakan karakter gadis muslim untuk memunculkan kembali serial Ms Marvel. Karakter yang diambil adalah sosok remaja putri berusia 16 tahun, pendatang dari Pakistan dan tinggal di kota Jersey, bernama Kamala Khan.

Penciptaan karakter baru ini, menurut Marvel Entertainment, mencerminkan semakin beragamnya kalangan pembaca komik mereka. Marvel berpendapat keragaman itu harus muncul pula dalam cerita komik produk mereka.

Marvel Comics Kamala Khan, karakter baru produk Marvel Comics, yang dirilis Rabu (6/11/2013).
Marvel Comics terkenal dengan komik-komik terkenal semacam Spider-Man, X-Men, Iron-Man, dan Hulk. Penulis G Willow Wilson dan seniman Adrian Alphona bekerja bersama editor Sana Amanat untuk merancang karakter Khan yang bersemangat dan lincah, memiliki kekuatan super, sekaligus menjadi harapan keluarga dan remaja.

Amanat mengatakan, serial ini ingin mengeksplorasi kehidupan para diaspora muslim Amerika dari sudut pandang seotentik mungkin. Serial ini pun ingin menunjukkan apa artinya berusia muda tetapi hilang ditelan harapan orang lain.

"Aku ingin Ms Marvel (sebagai sosok) nyata ada di kehidupan, sesuatu yang orang-orang berhubungan dengannya," kata Amanat. Dia pun menambahkan, baginya, masa menjadi remaja putri pada usia SMA adalah sangat penting. "Menjelang masa dewasa, berurusan dengan sekolah, persahabatan yang emosional," ujar dia.

Amanat mengatakan, karakter baru ini dipersembahkan untuk semua fans remaja putri dan orang lain yang ingin melihat kehidupan dari sudut pandang "orang pinggiran". Karakter karya baru Marvel akan mempunyai kemampuan menyusutkan tubuh dan memunculkan bentuk tubuh baru.

Menurut Amanat, ide tentang kemampuan khusus Ms Marvel tersebut merupakan hasil diskusi dengan editor senior Stephen Wacker, setelah saling membandingkan cerita saat mereka tumbuh dewasa. Dari diskusi itu, ujar dia, merebak karakter gadis-gadis remaja yang tumbuh seperti cara Anda tubuh.

"Kamala tidak berbeda dengan Peter Parker," kata Editor in Chief Marvel, Axel Alonso. Karakter ini, sebut dia, adalah remaja putri yang datang dari daerah pinggiran, mencoba mencari tahu tentang dirinya sendiri dan menempa identitas diri, ketika mendadak mendapatkan kelimpahan kekuasaan dan secara bersamaan harus belajar bertanggung jawab atas kekuasaan itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com