Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Khamenei Dukung Perundingan Nuklir Iran dengan Barat

Kompas.com - 04/11/2013, 07:49 WIB
TEHERAN, KOMPAS.COM - Pemimpin tertinggi Iran telah memberikan dukungan baru bagi perundingan dengan sejumlah negara barat yang dimulai oleh Presiden Hassan Rohani, untuk membahas program nuklirnya.

Kantor berita Iran mengatakan, Ayatollah Ali Khamenei menyampaikan hal ini dalam sebuah pidato hari Minggu (3/11) di hadapan pertemuan mahasiswa di Teheran. Sejumlah diplomat Iran akan mengadakan pertemuan lagi minggu ini di Jenewa dengan perunding dari lima anggota tetap Dewan Keamanan ditambah Jerman.

Khamenei mengatakan perundingan itu jangan dianggap sebagai “kompromi” dan memperingatkan, semua orang supaya jangan berusaha menggagalkan apa yang disebutnya suatu “perundingan yang sulit”.

Khamenei mengatakan ia tetap pesimis tentang kemungkinan dicapainya suatu perjanjian, tetapi menambahkan, Iran tidak akan rugi kalaupun perundingan itu gagal.

Pemimpin tertinggi Iran itu juga mengecam sikap Amerika terhadap Iran dan menyebut Amerika sebagai “musuh yang tersenyum” yang menyerukan diadakannya perundingan, tetapi sekaligus mengancam akan melancarkan tindakan militer.

Pidato Khamenei itu disampaikan dalam peringatan serangan dan penyanderaan atas kedutaan Amerika di Teheran, 34 tahun yang lalu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com