Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Amerika Desak Mesir Akhiri Masa Darurat

Kompas.com - 04/11/2013, 07:48 WIB
Palupi Annisa Auliani

Penulis

KAIRO, KOMPAS.com - Menteri Luar Negeri Amerika Serikat John Kerry, Minggu (3/11/2013), mendesak penguasa sementara Mesir untuk tidak memperpanjang status "keadaan darurat". Masa darurat pemerintahan Mesir akan berakhir pada bulan ini.

Informasi mengenai desakan Kerry itu disampaikan salah satu pejabat senior Amerika yang turut dalam rombongan Kerry. Saat ini dia dalam perjalanan dari Mesir ke Arab Saudi. "Dia mendesak keras untuk tidak memperpanjang keadaan darurat saat peraturan itu berakhir pada 14 November", kata pejabat Kementerian Luar NEgeri Amerika yang mensyaratkan anonimiitas.

"Dia mengatakan bahwa tindakan keras yang sedang berlangsung adalah tidak pantas dan inklusivitas menuntut suatu program edukasi kepada Ikhwanul Muslimin dan lainnya," tambah pejabat itu.

Sementara Presiden sementara Mesir Adly Mansour, lanjut pejabat itu, mengatakan kepada Kerry bahwa dia tidak benar-benar menggunakan kekuasaan yang diberikan di bawah keadaan darurat selain memberlakukan jam malam. Menurut pejabat tersebut, meski tak ada komitmen dinyatakan oleh Mansour tetapi "bahasanya positif."

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com