Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kaki Gajah Mengakhiri Hidup Yod

Kompas.com - 02/11/2013, 17:25 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com -Kejadiannya begitu cepat. Tiba-tiba saja, tutur Kapten Polisi Suchet Thepchalee dari Kepolisian Khao Chamao, Thailand, seekor gajah liar masuk ke kawasan perkebunan karet di distrik tersebut. Hari itu, Jumat (1/11/2013) menjelang malam.


Waktu itu, tulis laman Bangkok Post pada Sabtu (2/11/2013), seorang pekerja perkebunan asal Myanmar bermarga Yod tengah bekerja menyadap getah karet. Pria berusia 46 tahun itu bersama dengan beberapa rekan-rekannya, sesama pekerja perkebunan. "Para pekerja mendengar suara berisik dari seekor gajah liar yang masuk ke perkebunan itu,"kata Thepchalee menceritakan tahap awal penyelidikan polisi.

Menurutnya, para pekerja kemudian berlarian menghindari gajah tersebut. Sayangnya, Yod tidak sempat menghindar. "Dia tewas lantaran amukan gajah tersebut,"kata Thepchalee.

Catatan kepolisian menunjukkan kalau Yod tewas dengan luka terbuka di kepala. Rusuknya pun patah. "Ada bekas tapak kaki gajah di dada korban," tutur Thepcalee.

Sementara itu, menurut keterangan Kepala Taman Konservasi Siramun Pitak Yingyong mengatakan kalau ada sekitar 30 ekor gajah yang turun dari kawasan perbukitan menuju perkebunan karet tersebut. Kuat dugaan, habitat hewan itu rusak lantaran alih fungsi hutan menjadi perkebunan.

Pada bagian lain, laporan penduduk Desa Khao Noi, tak jauh dari perkebunan, menunjukkan kalau kemarin ada enam ekor gajah liar masuk ke desa dan berjalan di depan sebuah sekolah Ban Khao Cha-ang. "Gajah-gajah itu kemudian berlalu begitu saja kembali ke arah hutan,"kata saksi mata.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com