Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Penerbangan ke Asia dan Australia Terdampak Penembakan di Bandara LA

Kompas.com - 02/11/2013, 09:59 WIB
Palupi Annisa Auliani

Penulis

Sumber AP
LOS ANGELES, KOMPAS.com - Penembakan di Bandara Internasional Los Angeles, Amerika Serikat, pada Jumat (1/11/2013) pagi waktu setempat, berdampak pada lebih dari 700 penerbangan. Rute ke Asia dan Australia termasuk di dalamnya.

Serangan yang dilakukan tersangka tunggal, teridentifikasi sebagai Paul Ciancia (23), terjadi di Terminal 3 bandara berkode internasional LAX tersebut. Terminal ini melayani penerbangan dari maskapai Virgin America, AirTran, Alaska Airlines, Horizon Air, JetBlue, Virgin Australia, dan beberapa penerbangan lain.

Rute internasional yang dilayani di terminal 3 bandara terbesar ketiga Amerika itu adalah Asia, Australia, dan Selandia Baru. Hingga Jumat malam waktu setempat atau Sabtu (2/11/2013) pagi waktu Indonesia, layanan bandara tersebut masih dihentikan sejak insiden terjadi.

Otoritas penerbangan Amerika (FAA) menyatakan selama berjam-jam sejak serangan tersebut, ada 746 penerbangan telah terdampak. Seluruh penerbangan dari dan ke bandara itu dihentikan, bahkan pesawat yang terlanjur mengudara dilarang mendarat di Los Angeles.

Insiden serangan di Bandara Internasional Los Angeles bukan kejadian pertama. Pada 4 Juli 2002, seorang sopir limosin menembaki loket pelayanan tiket penerbangan El-Al di bandara ini. Seorang petugas maskapai itu dan seorang pengantar calon penumpang, tewas dalam serangan tersebut.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com