Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Taiwan Digoyang Gempa 6,3 Skala Richter

Kompas.com - 01/11/2013, 01:32 WIB
Palupi Annisa Auliani

Penulis

Sumber AP
TAIPEI, KOMPAS.com — Gempa kuat melanda Taiwan timur, Kamis (31/10/2013) malam. Belum ada laporan segera dari kerusakan akibat gempa yang menurut Survei Geologi berkekuatan 6,3 skala Richter itu.

Menurut lembaga Amerika tersebut, gempa terjadi pukul 20.02 waktu Taiwan, berpusat di daerah pegunungan terpencil yang berjarak 45 kilometer dari kota Hualian dengan kedalaman pusat gempa 12 kilometer.

Di Taipei, ibu kota Taiwan, gempa dari lokasi berjarak 150 kilometer itu menggoyang gedung-gedung tak kurang dari 10 detik. Layanan kereta di seluruh Taiwan pun dihentikan seketika untuk memastikan tak ada kerusakan jalur akibat gempa tersebut.

Otoritas setempat melaporkan pemadaman listrik juga seketika menyebar di Taiwan utara. Setidaknya di dua lokasi berbeda, dua orang terjebak di dalam lift.

Mengutip saluran televisi lokal, kerusakan hampir tak terjadi di Hualian. Meski demikian, informasi itu masih akan dievaluasi mengingat lokasi pusat gempa yang terpencil.

Bangunan baru di Taiwan sudah dirancang untuk tahan menghadapi goyangan gempa. Karenanya kerusakan akibat gempa di kota-kota besar Taiwan cenderung terbatas.

Gempa bumi kerap melanda negara ini, tetapi kebanyakan berkekuatan kecil tanpa ada kerusakan berarti. Namun, gempa berkekuatan 7,6 skala Richter pada 1999 menewaskan 2.300 warga negara itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber AP
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com