Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mau Terbang Langsung ke New York dari Iran?

Kompas.com - 31/10/2013, 17:00 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com - Iran sedang mempersiapkan penerbangan langsung ke New York. Menurut koran Tehran Timespada Kamis (31/10/2013), persiapan teknis perizinan kini tengah berlangsung.
Menurut pernyataan anggota kamar dagang dan industri Iran Abolfazl Hejavi yang dikutip harian itu penerbangan langsung itu bakal memakan waktu 13 jam. "Tapi, penerbangan itu masih menggunakan pesawat sewaan,"katanya.

Pada tahap akhir saat ini, Iran masih menanti izin final Organisasi Penerbangan Sipil Dunia. Kalau nanti terwujud, penerbangan itu menjadi yang pertama sejak Revolusi Iran 1979.

Masih menurut Hejavi, penerbangan itu akan berawal dari Pulau Kish di Teluk Persia menuju New York. "Kish dipilih lantaran pulau itu menjadi zona ekonomi bebas Iran,"imbuh Hejavi.

Tak hanya itu, di Pulau Kish, otoritas Iran tidak menggelar kebijakan visa.  

Selama ini, warga Iran yang ada di utara Amerika mengalami kesulitan penerbangan untuk kembali ke Tanah Air. "Dengan penerbangan itu, mereka bisa dengan mudah kembali ke Iran,"begitu janji Presiden Iran Hassan Rohani saat bertandang ke Majelis Umum PBB di New York beberapa waktu silam.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com