Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Perokok di Australia Kian Terpojok

Kompas.com - 31/10/2013, 12:48 WIB
Para perokok di Australia semakin terpojokkan. Setidaknya, di Negara Bagian Victoria, yang pekan ini merivisi ketentuan UU Pengaturan Merokok. Dalam revisi itu, cakupan larangan merokok diperluas ke tempat-tempat bermain anak di taman dan tempat publik lainnya.

Revisi UU Merokok ini mengatur larangan merokok dalam jarak 10 meter dari taman bermain anak-anak dan taman bermain skateboard yang terbuka.

Negara Bagian Victoria menjadi yurisdiksi hukum pertama yang melarang merokok di taman bermain skateboard terbuka.

Merokok juga dilarang di kolam renang publik, taman bermain anak-anak dan sarana olahraga terbuka dalam event-event untuk anak-anak di bawah umur.

Larangan itu akan mulai berlaku pada tanggal 1 April 2014.

Menteri Kesehatan Victoria, David Davis mengatakan, pemerintahannya menjadi pelopor dalam menciptakan kawasan bebas rokok. "Merokok kini dilarang di ribuan lokasi di seluruh Victoria dimana anak-anak berkumpul dan menikmati kegiatan yang sehat di tempat terbuka," katanya.

"Kita akan melancarkan kampanye membangkitkan kesadaran publik dan pendidikan komunitas, dan membuat tanda "no smoking" supaya dipasang oleh pemerintah kota," tambahnya.

Davis mengatakan, sekitar empat ribu orang meninggal di Victoria setiap tahun akibat merokok dan biaya untuk kesehatan dan produktivitas mencapai 2,4 milyar dollar.

Revisi UU Merokok ini lolos di parlemen dengan suara bulat.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com