Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Sekolah Putri Australia Larang Penggunaan Ponsel Saat Istirahat

Kompas.com - 30/10/2013, 21:03 WIB
PERTH, KOMPAS.com - Sebuah sekolah swasta khusus putri di Perth, Australia Barat, telah melarang para siswinya menggunakan telepon seluler pada jam istirahat untuk mendorong para remaja itu berbicara satu sama lain.

Kepala sekolah Penrhos College, Meg Melville, mengatakan dengan kecanggihan telepon seluler dewasa ini, di saat para siswi itu tidak saling berbicara satu sama lain. Mereka justru sibuk dengan telepon selulernya masing-masing.  Menurutnya, ini tidak baik untuk perkembangan mereka.
 
Sekolah tersebut ingin menanamkan seni percakapan yang baik sebagai bagian dari kemampuan sosial siswa.  Pada kuartal ini, Melville dan stafnya menerapkan peraturan baru tentang ponsel di sekolah mereka.
 
Dengan kata lain, telepon genggam kini dilarang di sekolah khusus putri tersebut.  Menurut mereka, telepon genggam membatasi komunikasi langsung satu dengan yang lain.

Dengan berbicara satu sama lain, para siswi dapat belajar bagaimana melakukan percakapan yang baik, mendengarkan orang lain melalui kontak mata dan bahasa tubuh, dan bagaimana cara merespon orang lain.
 
Menurut Cahterin McLoughhlin, seorang pakar pendidikan dari Universitas Katolik Australia,  banyak sekolah kini memilih melarang penggunaan telepon genggam selama jam istirahat. 
Sekolah yang mengambil tindakan untuk melarang pasti punya alasan yang positif dan ingin mendorong interaksi sosial yang positif, ucapnya.
 
Mcloughlin juga mengemukakan bahwa banyak bukti tentang adanya bullying lewat telepon genggam di sekolah dan di luar sekolah. Pelaku bullying mengancam, mengejek dan mungkin mengucilkan pelajar lain melalui telepon genggam
 

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com