Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Forbes: Vladimir Putin, Tokoh Paling Berpengaruh 2013

Kompas.com - 30/10/2013, 20:45 WIB
WASHINGTON DC, KOMPAS.com — Siapa tokoh paling berpengaruh di dunia pada 2013? Majalah terbitan AS, Forbes, punya jawabannya. Menurut majalah ini, tokoh paling berpengaruh tahun ini adalah Presiden Rusia Vladimir Putin.

Terpilihnya Vladimir Putin ini menggeser posisi Presiden AS Barack Obama ke peringkat kedua, diikuti Ketua Partai Komunis China, Xi Jinping.

Salah satu hal yang menyebabkan Putin bisa menggeser Obama dari posisi tokoh paling berpengaruh adalah perannya mendesak Presiden Suriah Bashar al-Assad menyerahkan semua persenjataan nuklirnya kepada dunia internasional untuk dihancurkan.

Ini adalah kali pertama Vladimir Putin dinobatkan menjadi orang paling berpengaruh di dunia. Sebelumnya, Barack Obama menguasai tampuk pimpinan daftar ini setiap tahun, kecuali 2010, ketika posisinya direbut Hu Jintao.

Meski demikian, pilihan Forbes terhadap sosok Putin ini banyak mendapatkan pertanyaan dan dianggap hanya didasarkan pada opini semata. Namun, manajemen Forbes menegaskan tim penilainya memiliki kriteria ketat untuk pemilihan tokoh paling berpengaruh ini.

Beberapa kriteria itu adalah berapa banyak rakyat yang diperintah, berapa banyak uang yang mereka kuasai, seberapa besar pengaruh mereka, dan seberapa aktif mereka menggunakan pengaruhnya untuk mengubah dunia.

Di posisi 10 besar dihuni Paus Fransiskus, Kanselir Angela Merkel, Bill Gates, Ketua Bank Sentral AS Ben Bernanke, Raja Arab Saudi Abdullah, Presiden Bank Sentral Eropa Mario Draghi, dan CEO Wal-Mart Michael Duke.

Sementara dari Asia terdapat nama-nama seperti Wakil PM China Li Keqiang (14), Sonia Gandhi (21), Ali Khamenei (23), Manmohan Singh (28), Kim Jong Un (46), Presiden Korsel Park Geun-hye (52), dan PM Jepang Shinzo Abe (57).


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com