Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lagi, Mesir Tangkap Tokoh Senior Ikhwanul Muslimin

Kompas.com - 30/10/2013, 15:22 WIB
KAIRO, KOMPAS.com — Pemerintah Mesir, Rabu (30/10/2013), menangkap lagi seorang tokoh pemimpin senior Ikhwanul Muslimin, Essam El-Erian. Demikian pernyataan Kementerian Dalam Negeri Mesir.

Erian, Wakil Pemimpin Partai Kebebasan dan Keadilan yang adalah sayap politik Ikhwanul, ditangkap di sebuah rumah di Kairo Baru, tempatnya bersembunyi selama ini. "Ya, dia (Erian) sudah ditangkap dan detail penangkapan ini akan segera dipublikasikan," ujar seorang sumber.

Media setempat memublikasikan sejumlah foto yang diklaim diambil pada saat penangkapan Erian. Dalam foto itu terlihat Erian tersenyum dan membuat gerakan yang menandakan penolakannya terhadap kudeta militer terhadap Mohammad Mursi.

Sejak Muhammad Mursi digulingkan pada 3 Juli lalu, Pemerintah Mesir yang didukung militer terus mengejar para pemimpin dan kader Ikhwanul Muslimin. Puncaknya, pada September lalu pemerintah melarang semua kegiatan Ikhwanul dan membekukan semua asetnya.

Kini sejumlah pemimpin Ikhwanul Muslimin ditahan dan sedang menunggu persidangan. Pada November mendatang, dijadwalkan Mohammad Mursi akan menjalani sidang pertama dengan tuduhan terlibat pembunuhan para pengunjuk rasa.

Sedikitnya 1.000 orang tewas, termasuk aparat keamanan, sejak gelombang kekerasan menyapu Mesir menyusul penggulingan Muhammad Mursi.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com