Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Jenderal AS: Eropa Mata-matai Warganya Sendiri Lalu Bagi Datanya

Kompas.com - 30/10/2013, 14:01 WIB
WASHINGTON, KOMPAS.COM - Badan-badan mata-mata Eropa berbagi data telepon dengan Badan Keamanan Nasional (NSA) AS, dan laporan media yang menyatakan sebaliknya "sepenuhnya salah", kata kepala NSA kepada para politisi.

"Penegasan oleh para wartawan di Perancis, Spanyol, Italia bahwa NSA mengumpulkan puluhan juta panggilan telepon benar-benar salah," kata Jenderal Keith Alexander, kepala NSA, kepada Komite Intelijen DPR AS di Washington, Selasa (29/10) waktu setempat. "Agar benar-benar jelas, informasi ini bukan kami kumpulkan dari warga Eropa."

Jenderal Alexander ditanya terkait laporan di Perancis, Spanyol dan Italia, berdasarkan dokumen yang dibocorkan Edward Snowden, matan analis NSA. Laporan-laporan itu menuduh NSA menyadap panggilan telepon jutaan warga Eropa.

Jenderal Alexander membantah laporan itu dengan mengatakan bahwa koran-koran Eropa telah salah menafsirkan dokumen NSA yang dibocorkan Snowden. Dia menyatakan, banyak dari data itu dikumpulkan oleh badan-badan intelijen Eropa sendiri yang kemudian dibagi dengan NSA.  

Komentar kepala NSA itu mendukung laporan sebelumnya pada Selasa di Wall Street Journal. Koran itu yang mengutip para pejabat AS yang tidak disebutkan namanya mengatakan bahwa laporan di media Eropa itu tidak benar dan bahwa NSA tidak memata-matai warga negara Eropa .

Dianne Feinstein, ketua Komite Intelijen Senat, yang menyerukan peninjauan tentang kebijakan NSA, juga mengatakan "koran-koran Eropa itu semuanya salah".

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Baca tentang
Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com