Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

PBB Pilih Pianis China Jadi Duta Perdamaian

Kompas.com - 29/10/2013, 21:13 WIB

NEW YORK, KOMPAS.com — Pemain piano China yang pernah meraih penghargaan Lang Lang ditetapkan sebagai duta perdamaian PBB, Selasa (29/10/2013).

Tugas Lang Lang difokuskan pada pendidikan anak-anak muda. Sekjen PBB Ban Ki-moon mengatakan, Lang Lang diharapkan membantu program untuk membuat sekitar 57 juta anak di seluruh dunia, yang saat ini tidak bersekolah, mengenyam pendidikan.

Menurut Ban Ki-moon, Lang Lang pertama kali tertarik piano pada usia tiga tahun ketika menonton kartun Tom and Jerry. Kini Lang Lang, kata Ban, adalah salah seorang musisi ternama yang tampil bersama orkestra terkemuka di berbagai negara.

Menanggapi penunjukannya, Lang Lang (31) mengatakan ia "dibuat terpesona" atas peran dan tanggung jawab yang dipikulnya. "Tadi malam saya tidak bisa tidur memikirkannya," ujar Lang Lang.

Musisi China tersebut selama 10 tahun menjadi duta Unicef dan tercatat sebagai duta perdamaian pertama asal China. Duta perdamaian merupakan penghargaan tertinggi yang diberikan oleh PBB kepada perorangan yang sangat menonjol di bidangnya.

Nama Lang Lang masuk dalam daftar orang-orang terkenal yang mengemban misi PBB, termasuk Stevie Wonder, George Clooney, pengarang Brasil Paulo Coelho dan dirigen Daniel Barenboim. "Bermain di konser merupakan satu hal, tetapi memberikan sesuatu ke masyarakat, saya pikir lebih penting sebagai manusia," kata Lang Lang.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com