Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Mobil Tabrak Turis di Lapangan Tiananmen China, Aksi Protes Lagi?

Kompas.com - 29/10/2013, 04:41 WIB
Palupi Annisa Auliani

Penulis

Sumber
BEIJING, KOMPAS.com — Lima orang termasuk seorang turis Filipina tewas dan 38 yang lain terluka, setelah sebuah kendaraan menabrak kerumunan di Lapangan Tiananmen Beijing, China, Senin (28/10/2013). Mobil pun terbakar sesudah menabrak kerumunan itu. Mungkinkah ini disengaja?

Satu turis Italia berusia 58 tahun mengatakan, ia tengah berkeliling Kota Terlarang ketika petugas kemanan datang dan meminta orang-orang meninggalkan bekas istana kekaisaran China itu.

Lapangan Tiananmen yang berada di luar Kota Terlarang pada umumnya berada di bawah pengamanan ketat dengan petugas berseragam maupun berpakaian preman, yang bahkan dilengkapi dengan peralatan pemadam kebakaran.

Insiden Senin siang ini pun mengundang beragam spekulasi, tak terkecuali di media sosial. "Apakah ini insiden bakar diri?" tulis seseorang di media sosial, seketika setelah insiden itu. "Masih ada orang di dalam mobil!"

Mencuatnya dugaan ini tak bisa dibilang aneh, dengan sejarah panjang aksi protes yang bak api dalam sekam di Negeri Tirai Bambu ini. Setidaknya, 120 warga Tibet diketahui menyiapkan diri mereka untuk menggelar aksi sejak Februari 2009 di Tibet dan sekitar China, sebagai protes terhadap apa yang mereka anggap sebagai penindasan Beijing.

Penulis lain berpendapat insiden tersebut sama sekali tak terlihat sebagai kecelakaan. "Ini tidak mungkin kecelakaan, tapi sesuatu yang sudah direncanakan," tulisnya.

Juru Bicara Kementerian Luar Negeri China Hua Chunying mengatakan, dia tak tahu secara spesifik apakah ada bukti serangan teroris dalam insiden ini. Siaran berita televisi negara CCTV tidak menyebutkan insiden ini dalam buletin malam andalannya.

Kabar tentang insiden tersebut merembes keluar melalui dunia maya pada Senin petang, melalui media sosial dari warga China yang berada di lokasi kejadian. Segera setelah insiden, polisi memasang barikade tepat di depan potret Mao Zedong, menghalangi orang yang lewat untuk melihat insiden itu.

Petugas kepolisian pun melarang setiap orang memasuki lapangan Tiananmen. Sebaliknya dari dalam terdengar perintah perwira polisi yang berkeliling menumpang van, menyuarakan perintah agar semua orang meninggalkan lapangan Tiananmen dan Kota Terlarang melalui pengeras suara.

Lapangan Tiananmen berada di depan Kota Terlarang, sebuah lokasi wisata warisan dunia yang setiap tahun dikunjungi tak kurang dari 14 juta turis. Namun, lapangan ini juga adalah tempat demonstrasi mahasiswa dan warga China pada 1989, yang dihadapi dengan brutal oleh penguasa.

Insiden penabrakan mobil di lapangan ini jauh hari sudah pernah terjadi, tepatnya pada 1982. Saat itu seorang perempuan yang bekerja sebagai sopir taksi harus membayar denda karena gagal memenuhi kuota tarif.

Sopir taksi ini lalu melajukan kendaraannya ke kerumunan orang di jembatan Jinshui, lokasi yang sama dengan insiden Senin siang, menewaskan pula lima orang dan 19 lainnya terluka. Sopir taksi ini dihukum mati 20 hari setelah insiden.

Media Pemerintah China pada 2001 melaporkan lima anggota sekte keagamaan Falun Gong telah membakar diri di alun-alun. Namun, kelompok keagamaan itu balik menuding pemerintah sengaja membuat pentas berupa insiden bakar diri.

Berikutnya, pada Mei 2007, seorang pria dari Xinjiang berupaya membakar potret diri Mao. Aksinya gagal, dan kabar terakhir menyebutkan dia ditahan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com