Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Anjing Militer Australia Kini Bisa Pensiun

Kompas.com - 28/10/2013, 19:20 WIB

CANBERRA, KOMPAS.com - Sebelum ada program pensiun, anjing anjing militer dibunuh setelah purna tugas di Angkatan Udara Australia (RAAF) karena dianggap terlalu berbahaya jika dipelihara oleh warga sipil.

RAAF memberlakukan program baru buat anjing-anjing yang purna tugas dalam tugas militer dengan memberikan masa pensiun.

Di bawah program yang baru, anjing-anjing itu memperoleh kebebasan dan mendapat masa pensiun dengan tinggal bersama atau ditangani perawat mereka selagi berdinas di markas mereka di Amberley, sekitar 40 km dari Brisbane, Negara Bagian Queensland.

Turk adalah anjing pertama yang beruntung bisa mengakhiri masa penilaian dari uji coba dari program pensiun itu. Turk yang sudah mengabdi selama delapan tahun di Amberley kini tinggal bersama mantan perawatnya, Kopral Bruce Ross, dan menjadi kandidat utama program pensiun,

"Mereka bisa melihatnya jika anjing diperlakukan secara tepat, mereka bisa dibawa pulang,” ujar Ross.

Tapi Turk yang amat terlatih secara militer harus melewati proses penilaian lain yang ketat seperti penangan stress dan respon terhadap anjing lain untuk membuktikan bahwa dia cocok untuk kehidupan sipil.

Tidak semua anjing pensiun

Kepala Militer Working Dog Unit di Amberley, Sersan Russ Durre, menyampaikan tidak semua anjing bisa dipensiunkan dan seberuntung Turk.

“Beberapa anjing tidak bisa dibiarkan dilepas ke publik," kata Sersan Durre.

Hal itu diamini oleh John Baguley yang bertanggung jawab dalam program pembiakan anjing militer di AU Australia. Menurutnya, anjing anjing itu memiliki kemampuan psikologis untuk mencegah penyusup ke markas militer.

“Tidak ada yang mau digigit  anjing, khususnya yang amat terlatih (jenis) German Shepherd atau Belgian Malanois,” tutur Baguley.

Sersan Durre setuju program ini adalah langkah positif yang membawa RAAF sejalan dengan lembaga-lembaga lain yang menggunakan anjing kerja.

“Saya kira bagian yang tersulitnya adalah perawat bakal kehilangan anjingnya,” serunya.

Dan kini Turk sudah santai menikmati masa pensiun di rumah barunya di Ipswich. “Dia kini tidak akan dipekerjakan selain hanya bersantai di halaman belakang rumah,” kata Durre.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com