Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

AS Diduga Telah Sadap Telepon Merkel Lebih dari 10 Tahun

Kompas.com - 27/10/2013, 13:00 WIB
Badan Keamanan Nasional Amerika (NSA) kemungkinan telah menyadap telepon Kanselir Jerman Angela Merkel selama lebih dari 10 tahun, demikian dilaporkan mingguan Jerman Der Spiegel Sabtu (26/10).

Der Spiegel juga mengutip sebuah sumber di kantor Merkel yang mengatakan Presiden Barak Obama minta maaf kepada pemimpin Jerman itu ketika ia menelepon Rabu lalu untuk minta klarifikasi isu ini.

Juru bicara Merkel dan Gedung Putih tidak memberi komentar atas berita ini.
Jerman merencanakan untuk mengirim pimpinan intelijennya ke Washington dalam hari-hari mendatang untuk minta jawaban atas dugaan memata-matai itu.

Dokumen yang dibocorkan oleh mantan kontraktor NSA Edward Snowden memperlihatkan pengintaian yang luas oleh Amerika di Internet dan catatan telepon dari warga negara biasa dan pemimpin dunia telah memicu kemarahan di seluruh dunia.

Jerman juga sedang bekerja sama dengan Brasil untuk menyusun dokumen resolusi untuk Sidang Umum Perserikatan Bangsa-Bangsa yang akan menjamin privasi orang dalam komunikasi elektronik. 

Diplomat-diplomat PBB mengatakan, resolusi ini berisi seruan bagi perluasan Perjanjian Internasional tentang Hak-Hak Sipil dan Politik terkait kegiatan Internet, tetapi tidak akan menyebut secara spesifik Amerika.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com