Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pasukan Afganistan dan NATO Baku Tembak, 1 Tewas

Kompas.com - 27/10/2013, 09:32 WIB
KABUL, KOMPAS.com - Baku tembak pecah antara pasukan Afganistan dan pasukan asing di pinggiran ibu kota Kabul, Sabtu (26/10/2013), berujung pada tewasnya satu prajurit Afganistan dan melukai beberapa orang lainnya.

"Terjadi perdebatan antara seorang prajurit Afganistan dan seorang prajurit asing di dalam sebuah pangkalan militer. Mereka lalu saling tembak. Penyelidikan masih berlangsung," kata juru bicara Kementerian Pertahanan Afganistan, Dawlat Waziri.

Insiden ini dibenarkan pihak pasukan NATO, seraya menambahkan beberapa prajurit Afganistan juga terluka dalam baku tembak tersebut.

Dalam beberapa tahun terakhir, insiden yang disebut "serangan orang dalam" terus meningkat dan membuat hubungan antara pasukan NATO dan pihak Afganistan tegang.

Sejak 21 September lalu, dilaporkan lima "serangan orang dalam". Jumlah ini meningkat pesat dibanding hanya 11 peristiwa sejak awal tahun ini.

Sebagian besar pasukan tempur NATO akan ditarik mundur pada akhir tahun depan namun sebuah misi militer kecil tetap tinggal di Afganistan untuk membantu militer dan kepolisian Afganistan yang baru terbentuk.

Sejauh ini Afganistan dan AS belum menyepakati sejumlah permasalahan dalam pakta keamanan bilateral, dan Washington mengancam akan menarik mundur seluruh pasukannya, kecuali kesepakatan segera dicapai.

Dua tahun lalu, AS menarik mundur pasukannya di Irak dengan kondisi yang serupa dengan apa yang terjadi di Afganistan saat ini setelah tidak mencapai kata sepakat dengan pemerintah Baghdad.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com