Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Iran Gantung 16 Pemberontak

Kompas.com - 26/10/2013, 17:34 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com - Iran akhirnya menggantung 16 orang yang disebut sebagai pemberontak usai baku-tembak semalaman antara kelompok itu dengan pasukan penjaga perbatasan Iran.

Menurut warta Kantor Berita Fars pada Sabtu (26/10/2013), awalnya terjadi baku tembak antara kelompok tersebut dengan penjaga perbatasan di Saravan. Perbatasan ini masuk wilayah Iran. "Mereka mencoba masuk ke wilayah Iran dari Pakistan,"kata Jaksa Penuntut Umum Provinsi Sistan-Baluchistan Mohammad Marzieh.

Dalam insiden kekerasan itu, Iran kehilangan nyawa 14 anggota pasukan perbatasannya. "Hukuman gantung dilaksanakan di Penjara Zahedan,"imbuh Marzieh.

Marzieh melanjutkan, kelompok yang disebut pemberontak itu acap menyasar warga sipil dan anggota pasukan keamanan perbatasan.

Kawasan perbatasan kedua negara bahkan acap menjadi lalu-lintas perdagangan narkoba ilegal. "Perbatasan juga sering dijadikan perlintasan pemberontak,"tambah Marzieh.

Provinsi Sistan-Baluchistan adalah wilayah dengan penduduk Islam Sunni. Di provinsi ini ada kelompok militan Sunni Jundallah. Dalam beberapa tahun silam, kelompok ini acap melakukan serangan mematikan.

Jundallah pada Oktober 2012 melakukan serangan bom bunuh diri di sebuah masjid Syiah di utara Provinsi Sistan-Baluchistan. Insiden itu sedikitnya menewaskan dua orang.  

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com