Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gempa Jepang, Tak Ada Kerusakan Baru di PLTN Fukushima

Kompas.com - 26/10/2013, 04:27 WIB
Alsadad Rudi

Penulis

TOKYO, KOMPAS.com — Operator Pembangkit Listrik Tenaga Nuklir (PLTN) Fukushima mengatakan, tidak ada kerusakan atau peningkatan radiasi di PLTN, segera setelah gempa besar di pantai timur Jepang yang menimbulkan tsunami kecil.

Gempa juga tidak menimbulkan kerusakan di darat dari gempa yang diklasifikasikan berkekuatan 7,1 skala Richter oleh Badan Meteorologi Jepang, yang terjadi di sekitar 370 km (230 mil) dari pantai. Sebelumnya, Badan Meteorologi Jepang mengatakan gempa itu berkekuatan 6,8 SR.

Televisi Jepang mengatakan bahwa tsunami setinggi 30 sentimeter (1 kaki) telah terjadi di pantai timur Jepang. Juru Bicara Tokyo Electric Power Co (TEPCO), operator dari PLTN Fukushima, mengatakan bahwa para pekerja telah diminta untuk mengevakuasi diri ke daratan yang lebih tinggi setelah gempa. Namun, tidak ada kerusakan atau perubahan peringatan di pos-pos pemantauan radiasi di sekitar pabrik.

Kapal-kapal terlihat meninggalkan pelabuhan di selatan PLTN Daiichi, Fukushima, di mana ada tiga reaktor mengalami kebocoran akibat gempa bumi dan tsunami pada 2011. Bangunan mengalami guncangan, 230 kilometer dari Tokyo, tepatnya sebelah selatan dari lokasi PLTN.

Badan Meteorologi Jepang mengeluarkan peringatan "kuning" alias peringatan dini tsunami kecil. Peringatan "kuning" akan dikeluarkan ketika tsunami diprediksi tidak akan melebihi ketinggian 1 meter.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Lengkapi Profil
Lengkapi Profil

Segera lengkapi data dirimu untuk ikutan program #JernihBerkomentar.

Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com