Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Korea Utara Pulangkan Enam Warga Korea Selatan

Kompas.com - 25/10/2013, 19:07 WIB

SEOUL, KOMPAS.com - Korea Utara, Jumat (25/10/2013), memulangkan enam pria Korea Selatan, sebuah langkah yang jarang terjadi dalam hubungan kedua negara.

Mereka dikawal menuju perlintasan PBB di Panmunjom dan diserahkan kepada pihak berwenang  Korea Selatan. Identitas rinci mereka tidak diungkapkan namun dilaporkan berusia antara 27 dan 67 tahun.

Keenamnya akan langsung dibawa ke kantor dinas rahasia Korea Selatan untuk ditanyai sehubungan dengan keberadaan mereka di utara.

Rencana pemulangan disampaikan Palang Merah Pyongyang kepada Seoul sehari sebelumnya, seperti dinyatakan Menteri Penggabungan Korea Selatan.

Pemerintah Seoul mengatakan berdasarkan pandangan pertama mereka tampak tidak seperti orang yang diculik Korea Utara beberapa tahun lalu.

Wartawan BBC di Seoul, Lucy Williamson, melaporkan tidak banyak yang diketahui tentang bagaimana mereka datang ke Utara dan yang mendorong pihak Utara memutuskan pemulangan keenam orang itu..

Salah satu kemungkinannya adalah mereka tiba di Korea Utara secara gelap melalui China karena warga Korea Selatan hanya bisa melakukan perjalanan ke negara yang tertutup itu setelah secara resmi diatur kedua pemerintahan.

Kantor berita resmi Korea mengumumkan beberapa warga Korea Selatan itu ditahan pada tahun 2010 dan muncul spekulasi bahwa keenam yang pulang ini termasuk dari yang ditahan tersebut.

Langkah Korea Utara ini dilihat sebagai pertanda baik dalam menuju rekonsiliasi setelah  penundaan penyatuan kembali anggota keluarga yang terpisah pada akhir perang Korea.

Ketegangan antara kedua Korea meningkat awal tahun ini setelah Korea Utara melaksanakan uji coba nuklir yang ketika pada bulan Februari.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com