Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Terbukti, AS Tak Bisa Sadap Telepon PM India!

Kompas.com - 25/10/2013, 17:12 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com — Boleh saja AS mengklaim berhasil menyadap 35 pemimpin negara di dunia. Namun, tulis UPI pada Jumat (25/10/2013), upaya macam itu pasti gagal di India.

Rupanya, kegagalan AS itu bisa terbukti lantaran Perdana Menteri (PM) India Manmohan Singh memang tak mempunyai ponsel. "Boro-boro ponsel, PM Singh bahkan tak punya e-mail pribadi," kata pernyataan juru bicara Kantor Perdana Menteri India.

Catatan The Guardian soal penyadapan itu memang bikin heboh. Soalnya, Kanselir Jerman Angela Merkel yang jadi korban penyadapan tak terima dengan kebijakan Negeri Uwak Sam itu.

Pihak Kantor Perdana Menteri India itu menambahkan kalau lembaga itu menggunakan e-mail. Tetapi, lagi-lagi, PM Singh memang tak punya e-mail pribadi. "Makanya, kami tak menaruh perhatian soal penyadapan oleh AS itu," kata pernyataan kantor tersebut.

Kenyataan ini menjadi unik lantaran India adalah salah satu saksi mata melambungnya jumlah pengguna ponsel sejak sepuluh tahun silam. Dari 1,2 miliar penduduk India, 876 juta di antaranya mempunyai ponsel.

 

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com