Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Gadis Belia Australasia Banyak Terinfeksi Penyakit Kelamin Klamidia

Kompas.com - 25/10/2013, 07:29 WIB
Kajian yang diterbitkan dalam Konferensi Kesehatan Seksual Australasia di Darwin menunjukan remaja putri usia berusia 12 tahun dikawasan ini sudah terinfeksi penyakit kelamin klamidia (penyakit menular seksual yang disebabkan bakteri chlamydia trachomatis).

Riset ini mendapati 13 persen remaja putri berusia 12 hingga 15 tahun yang dites diketahui positif klamidia. Jumlah ini lebih tinggi dibandingkan hasil tes pada remaja putri berusia 15 sampai 24  tahun.

Ketua peneliti dari Institut Burnet, Carol El-Hayek mengatakan tingginya angka positif infeksi klamidia ini dapat dijelaskan oleh pengujian gadis-gadis muda yang menjadi lebih selektif.

Ia mengatakan angka ini menunjukan kampanye seks sehat dan riset serupa di masa depan harus lebih baik menyasar remaja puteri di bawah usia 16 tahun.

"Remaja usia 12 tahun sudah aktif secara seksual. Mereka telah melakukan hubungan seksual yang mungkin bukan hubungan seks yang aman,” katanya menjelaskan.

"Remaja dibawah usia 16 tahun yang aktif secara seksual perlu lebih dilibatkan dalam semua riset, pengujian pedoman dan semua hal semacam itu,” katanya.

Angka terbaru juga menunjukan satu dari 20 orang warga Australia mengidap klamidia dan tidak berobat.

Pada wanita,  klamidia yang tidak diobati bisa memicu penyakit penyakit radang panggul, yang akhirnya bisa menyebabkan kemandulan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com