Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Presiden Filipina Tidur di Tenda Pengungsi Korban Gempa

Kompas.com - 24/10/2013, 22:50 WIB
Pieter P Gero

Penulis

MANILA, KOMPAS.com — Presiden Filipina Benigno Aquino III tidur di dalam tenda militer bersama para pengungsi korban gempa bumi di Provinsi Bohol, Filipina tengah, sepanjang Rabu (23/10/2013) malam.

Aquino melakukan itu untuk merasakan langsung kehidupan para pengungsi yang terpaksa tidur di tenda militer karena kota mereka hancur akibat gempa bumi. Kantor berita AP, Kamis (24/10/2013) melaporkan, Benigno Aquino III mengaku dia masih merasakan guncangan ringan gempa bumi menjelang Kamis dini hari.

Dia juga mengakui betapa para pengungsi harus menahan udara dingin karena dirinya juga harus mengenakan jaket untuk mengatasi udara dingin. Lokasi tenda ini terletak di kota Loon, Provinsi Bohol yang hancur akibat gempa.

Presiden Aquino mengakui pengalamannya tidur di tenda pengungsi ini mengembalikan memorinya saat dirinya menjadi pramuka.

Guncangan gempa bumi berkekuatan 7,2 skala Richter pada 15 Oktober lalu menyebabkan sedikitnya 198 orang tewas, sebagian besar yakni 185 korban tewas jatuh di Provinsi Bohol dan
ratusan lainnya cedera.

Guncangan gempa ini merusakan ribuan rumah termasuk beberapa gereja. Banyak penduduk desa menolak kembali ke rumah mereka karena guncangan gempa bumi susulan masih terjadi.
Mereka juga menolak kembali karena beredar desas-desus bahwa sebuah guncangan gempa bumi yang kuat akan terjadi dan menimbulkan gelombang tsunami.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com