Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Serangan Terkoordinasi di Provinsi Anbar, 25 Polisi Tewas

Kompas.com - 23/10/2013, 23:26 WIB
RAMADI, KOMPAS.com — Sebuah serangan terkoordinasi antara kelompok penyerang bersenjata dan bom bunuh diri menewaskan 25 polisi dan tiga orang warga sipil di provinsi Anbar, Selasa (22/10/2013) malam.

Empat serangan maut di antaranya terjadi di sekitar kota Rutba, 110 kilometer dari perbatasan Suriah.

Seorang pengebom bunuh diri meledakkan sebuah truk tangki berisi bahan peledak di sebuah pos polisi di sebelah timur kota Rutba. Sementara itu, kelompok militan dengan persenjataan berat menyerang sebuah kantor polisi di dalam kota.

Satu bom mobil bunuh diri lagi menghantam sebuah pos polisi di sisi barat kota itu. Tiga serangan itu menewaskan 18 orang polisi dan 25 lainnya terluka. Tiga warga sipil tewas setelah seorang pelaku bom bunuh diri meledakkan sebuah truk penuh bahan peledak di sebuah jembatan di sebelah barat kota Rutba.

Pada sekitar pukul 23.00, atau satu jam dari rangkaian serangan di kota Rutba, sekelompok orang bersenjata menyerang sebuah pos polisi di luar kota Ramadi, ibu kota provinsi Anbar. Serangan itu menewaskan tiga polisi dan melukai satu orang lainnya.

Satu pos polisi lain di kota Ramadi juga diserang sekelompok orang bersenjata dan menewaskan empat orang polisi. Serangan pada Selasa itu, melanjutkan gelombang serangan mematikan yang menghantam provinsi Anbar sejak Senin lalu.

Pada Senin (21/10/2013), aksi bom bunuh diri menghantam pintu gerbang markas polisi di kota Fallujah, sementara serangan kedua terjadi di markas departemen kelistrikan kota tersebut.

Selanjutnya, kelompok militan menembaki kantor polisi itu dari tiga arah dengan senapan mesin, mortir, dan roket peluncur granat (RPG). Mereka kemudian memasuki bangunan departemen kelistrikan dan menembaki polisi dengan senapan sniper.

Aksi itu menewaskan setidaknya dua orang polisi, satu di antaranya berpangkat mayor. Selain itu empat polisi lain juga terluka. Namun, kepolisian Irak mengklaim pasukannya berhasil menewaskan lima pelaku bom bunuh diri dan hanya dua orang polisi yang terluka.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com