Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Di Kanada, Iran Butuh Oman

Kompas.com - 23/10/2013, 19:38 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com - Putusnya hubungan diplomatik antara Iran dengan Kanada menyebabkan kedua negara membutuhkan penghubung untuk kepentingan masing-masing. Makanya, sebagaimana warta Tehran Times pada Rabu (23/10/2013), Kedutaan Besar (Kedubes) Oman di Kanada menjadi penghubung untuk Iran.

Sementara itu, sebaliknya, di Tehran, Kanada mendapat bantuan penghubungan dari Kedubes Italia. "Keputusan ini kami ambil setelah kedua belah pihak berbicara bersama di PBB,"kata perempuan Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Iran Marzieh Afkham.

Pada 7 September 2012, Kanada menutup kedubesnya di Tehran. Beberapa hari kemudian, Kanada mengusir pulang semua diplomat Iran.

Ada dua alasan penutupan itu. Pertama, Kanada menganggap program nuklir Iran bakal membahayakan sekutu Kanada, Israel. "Kanada menuding Iran membantu rezim Presiden Bashar al-Assad di Suriah,"kata pernyataan Kementerian Luar Negeri Kanada.

Sementara itu, menurut Afkham, Iran dan Inggris bakal membenahi kembali hubungan diplomasinya pascaperusakan kantor Kedubes Inggris di Tehran pada November 2011.

Pada tahap pertama, kedua negara sudah menunjuk pejabat urusan khusus yang tidak menetap baik di Tehran maupun London. "Kedua negara sementara menutup kedubes masing-masing selama delapan hari,"kata Afkham.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com