Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polisi Rusia Buru Suami Pelaku Bom Bunuh Diri

Kompas.com - 23/10/2013, 19:10 WIB
VOLGOGRAD, KOMPAS.com — Kepolisian Rusia, Rabu (23/10/2013), masih mencari suami pelaku bom bunuh diri di sebuah bus di Volgograd yang menewaskan enam orang dan melukai sekitar 50 orang itu.

Pelaku bom bunuh diri itu adalah Naida Asiyalova (30), seorang perempuan asal Dagestan di kawasan bergolak Kaukasus Utara.

Polisi menduga suami Naida Asiyalova, Dmitry Sokolov (21), yang menghilang selama lebih dari satu tahun, berada di belakang tindakan yang dilakukan istrinya itu.

"Orangtuanya (Sokolov) tinggal di Moskwa dan melapor ke polisi bahwa putra mereka hilang pada musim panas 2012," kata juru bicara Komite Investigasi, Vladimir Markin.

Sokolov diduga bertemu Asiyalova, yang tinggal dan bekerja di Moskwa, tiga tahun sebelum pemuda itu menghilang.

"Keduanya tertarik dengan aliran Islam radikal," tambah Markin.

Sudah bertahun-tahun Rusia kerepotan menghadapi pemberontakan kelompok-kelompok Muslim di Kaukasus utara, terutama di Dagestan.

Di negeri kecil itu, serangan terhadap aparat keamanan atau warga sipil kerap dipicu masalah etnis, agama, dan rivalitas politik. Tak ketinggalan, masalah kemiskinan dan korupsi.

Pemberontakan Dagestan juga dipicu perang separatis di negeri tetangga Chechnya. Sejauh ini belum ada satu kelompok pun yang mengklaim bertanggung jawab atas serangan pada Senin (21/10/2013) itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com