Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Tentara Israel Tembak Mati Terduga Peledakan Bus di Tel Aviv

Kompas.com - 22/10/2013, 16:12 WIB
RAMALLAH, KOMPAS.com - Pasukan Israel, Selasa (22/10/2013), menembak mati seorang anggota kelompok Jihad Islam yang diduga kuat terlibat dalam pengeboman sebuah bus di Tel Aviv pada 2012.

Anggota Jihad Islam tewas ketika pasukan Israel menyerbu sebuah kawasan di antara desa Bilin dan Kufr Ne'meh, Tepi Barat tak jauh dari kota Ramallah. Sejumlah saksi mata mengatakan penggrebekan itu berakhir dengan baku tembak di sebuah gua.

Angkatan darat Israel membenarkan insiden itu dan mengatakan anggota Jihad Islam yang tewas bernama Mohammed Assi, yang diduga bertanggung jawab atas peledakan bus di Tel Aviv yang mencederai 29 orang.

"Seorang teroris Palestina paling dicari tewas pagi ini di Bilin dalam sebuah baku tembak dengan militer saat dia berada di dalam sebuah gua," demikian juru bicara AD Israel Avichay Adraee menjelaskan dalam bahasa Arab lewat Twitter.

Dalam kicauan yang berbeda, juru bicara militer Israel lainnua, Peter Lerner mengatakan Mohammed Assi adalah perencana bom bus Tel Aviv.

"Pada 21 November 2012 seorang teroris memasang bom di sebuah bus di Tel Aviv mencederai 29 orang. Orang bernama A.M adalah perencananya yang tewas dalam baku tembak," kata Lerner.

"Mohammad Assi yang terlibat pengemoban Tel Aviv, menembak pasukan keamanan dan kemudian tewas dalam baku tembak," tambah Lerner sambil mengatakan dua orang lain yang terlibat pengeboman juga ditangkap.

Sementara itu, kelompok Jihad Islam membenarkan Mohammad Assi adalah salah seorang anggotanya dan mengatakan Assi tewas dibunuh pasukan pendudukan di Kufr Ne'meh.

Pengeboman bus Tel Aviv terjadi pada 21 November 2012 di dekat kantor kementerian pertahanan Israel.

Serangan itu terjadi setelah Israel menggelar serangan udara besar ke Jalur Gaza untuk mengurangi serangan roket dari wilayah Palestina itu. Saling serang Israel-Palestina itu berakhir dengan gencatan senjata beberapa jam setelah serangan terhadap bus di Tel Aviv.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com