Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Harga Starbucks di China Lebih Tinggi

Kompas.com - 22/10/2013, 14:22 WIB
Waralaba kafe terbesar di dunia, Starbucks, mendapat sorotan di China karena mematok harga lebih tinggi dari negara lain. Televisi negara China, CCTV dalam laporannya mengklaim Starbucks mendapatkan untung yang besar di China karena kebijakan harga tersebut.

Saat ini Starbucks berkembang dengan cepat di China, yang akan mengambil alih Kanada sebagai pasar besar kedua mereka pada tahun depan.

Dalam laporan CCTV yang ditayangkan Minggu kemarin, disebutkan bahwa ukuran sedang minuman kopi latte di Beijing dihargai 27 yuan atau sekitar Rp 48.000, sepertiga lebih banyak ketimbang harga yang sama di Starbuck di Chicago.

"Starbucks menikmati harga yang tinggi di China, terutama karena kepercayaan buta dari konsumen lokal pada Starbucks dan merek Barat lainnya," kata Wang Zhendong, direktur Asosiasi Kopi Shanghai kepada CCTV.

Starbucks sendiri beralasan harga yang mereka patok ini disebabkan oleh harga pangan dan biaya logistik yang tinggi di China.

Isu harga Starbucks ini juga menjadi topik populer di situs mikroblog China, Sina Weibo, yang kebanyakan justru mendukung Starbucks.

"Mereka yang mengatakan Starbucks mahal, mungkin adalah mereka yang tidak sering minum kopi," kata salah satu pengguna. "Harganya bersaing dan kualitasnya membuat orang merasa aman," kata akun Weibo lainnya.

Starbucks bukan perusahaan asing pertama yang mendapat sorotan dari media di China tekait dengan praktek pemberian harga. Awal tahun ini, Apple dan Nestle juga mendapatkan tekanan untuk mengkaji harga mereka di pasar China.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com