Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

AS Mata-matai Semua Negara Amerika Latin

Kompas.com - 22/10/2013, 12:32 WIB
MIAMI, KOMPAS.COM — Glenn Greenwald, mantan wartawan The Guardian yang membongkar banyak cerita terbaru tentang rahasia program pemantauan AS, menyatakan pada Senin (21/10/2013) bahwa semua negara Amerika Latin telah dimata-matai oleh Washington.

Saat berbicara kepada sebuah asosiasi pers, ia mengatakan dirinya akan melaporkan setiap kasus di wilayah tersebut dan memperingatkan bahwa lebih banyak kasus mata-mata di dalam Amerika Serikat juga akan diungkap.

Komentar Greenwald itu muncul saat Perancis dan Meksiko hari Senin dengan marah menuntut penjelasan segera dari AS terkait bocoran terbaru yang berasal data yang disingkap mantan karyawan kontrak keamanan AS, Edward Snowden. Bocoran tersebut menuduh AS telah memata-matai jutaan komunikasi telepon Perancis dan National Security Agency (NSA) juga telah menyusup ke akun e-mail mantan Presiden Meksiko, Felipe Calderon.

Greenwald, seorang wartawan Amerika yang tinggal di Brasil, berbicara melalui konferensi video dalam pertemuan ke-69 perkumpulan Inter American Press Association (IAPA).

Beberapa pertemuan di Amerika Latin dipantau, kata Greenwald, termasuk pertemuan Organisasi Negara-negara Amerika (OAS), serta pembicaraan mengenai perjanjian perdagangan bebas, walau dia tidak memberikan rincian lebih lanjut tentang hal itu. Menurut Greenwald, apa yang diberitakan surat kabar Perancis Le Monde, hari Senin, yang memicu kontroversi antara Paris dan Washington, telah berada di tangan harian Perancis itu selama beberapa waktu.

Tuduhan-tuduhan itu, yang menjadi yang terbaru dari data yang dibocorkan Snowden, merusak kunjungan Menlu AS John Kerry ke Paris. Kerry ke Paris untuk membahas langkah-langkah yang bisa mengakhiri perang di Suriah.

Greenwald, yang telah mengundurkan diri dari harian Inggris The Guardian pekan lalu, mengatakan kepada perkumpulan wartawan itu bahwa dokumen yang dibocorkan Snowden telah disimpan di berbagai belahan dunia. Greenwald, seorang pengacara, mengatakan, dia sekarang akan mencurahkan energinya bagi peluncuran sebuah proyek jurnalisme baru yang didukung oleh pendiri eBay, Pierre Omidyar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com