Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Warga Kazakstan Paling Banyak Tewas di Jalan Raya

Kompas.com - 21/10/2013, 17:36 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com - The Pulitzer Center merilis survei dan pemeringkatan paling baru ikhwal kecelakaan lalu-lintas di berbagai negara. Dalam data melalui dunia maya itu terungkap kalau warga Kazakstan paling banyak tewas di jalan raya.

Lembaga yang berbasis di AS itu memetakan kalau rata-rata 21,9 orang dari 100.000 warga negara bekas pecahan Uni Soviet itu tewas gara-gara kecelakaan di jalan raya. "Angka ini paling besar ketimbang negara-negara bekas pecahan Uni Soviet ini,"kata pernyataan lembaga itu sebagaimana warta AP pada Senin (21/10/2013).

Data itu juga menunjukkan tiga negara setara dengan Kazakstan adalah Venezuela, Nigeria, dan Iran. Rata-rata di ketiga negara itu 30 dari 100.000 orang tewas di jalan raya.  

Sejak pecah dari Uni Soviet pada 1991, pemerintah Kazakstan membenahi terus sistem lalu-lintasnya. "Tapi, kemajuannya sedikit," kritik lembaga itu.

Gaek

Catatan The Pulitzer Center menunjukkan total panjang jalan di Kazakstan mencapai 128.000 kilometer. Sementara luas Kazakstan mencapai 2.727.300 kilometer persegi alias lebih luas ketimbang wilayah Eropa Barat. Jumlah panjang jalan ini lebih sedikit ketimbang negara-negara kecil dalam arti luas seperti Jepang, Perancis, dan Jerman.

Tak cuma itu, kebanyakan jalan raya di Kazakstan, negeri dengan populasi sekitar 17 juta jiwa itu adalah bikinan Uni Soviet. Sejatinya, jalan raya berusia gaek itu butuh banyak perbaikan.

Kendati begitu, metode perbaikan jalan raya di Kazakstan terbilang ketinggalan zaman. Lagi pula, kualitasnya jauh dari sempurna. Andai Kazakstan mampu membangun banyak jalan raya bermutu, negeri itu menjadi penghubung penting Asia dan Eropa.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com