Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Pemberontak Sudan Selatan Tewaskan 41 Gembala

Kompas.com - 21/10/2013, 12:19 WIB
Josephus Primus

Penulis

KOMPAS.com - Pemberontak Sudan Selatan menewaskan 41 gembala dalam serangan mematikan terhadap tiga perkemahan di Jonglei, Sudan Selatan. Menurut warta AP pada Senin (21/10/2013), perkemahan semacam itu memang hal lazim di Sudan Selatan untuk penggembalaan hewan-hewan ternak.  
 

Menurut catatan kepolisian setempat, penyerangan itu juga melukai lusinan orang. "Para penyerang menggunakan senjata-senjata otomatis,"kata kepolisian Jonglei.

Sementara, investigasi awal menunjukkan kalau para pemberontak itu adalah anak buah pemimpin milisi bernama David Yau Yau. "Penyerang menembak membabi-buta. Mereka juga mencuri ratusan hewan ternak,"kata polisi.

Para korban, imbuh polisi, mendapat pertolongan dari pasukan misi PBB di Jonglei. Mereka diangkut melalui udara menuju Rumah Sakit Bor. "Korban ada yang diangkut juga ke RUmah Sakit Juba,"kata pernyataan misi tersebut.

David Yau Yau adalah pemimpin suku Murle di Sudan Selatan. Ia mengangkat senjata melawan pemerintah Sudan Selatan lantaran kalah dalam pemilihan parlemen pada 2010. Menurut catatan misi PBB sudah ada 1.500 korban tewas di Sudan Selatan pascapisahnya negara itu dari Sudan pada 2011 lalu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com