Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Kebakaran Meluas, New South Wales Berlakukan Keadaan Darurat

Kompas.com - 21/10/2013, 09:32 WIB
Pemerintah Negara Bagian New South Wales, Australia, menyatakan keadaan darurat di tengah kekhawatiran kemungkinan besar meluasnya kebakaran hutan yang melanda radius ratuan kilometer. Setidaknya tiga titik api masih berkobar di wilayah pegunungan Blue Mountains hingga Senin (21/10/2013) dan dikhawatirkan ketiganya akan saling tersambung dalam pekan ini.

Di salah satu titik di dekat Lithgow, api telah membakar areal seluas 40 ribu hektar, dan menurut Komisioner Dinas Pemadam Kebakaran NSW, Shane Fitzsimmons, kobaran api kemungkinan akan tersambung dengan titik api lainnya di Mount Victoria.

Para petugas pemadam bekerja keras selama hari Minggu. Mereka mencoba mengontrol kobaran api di tengah perkiraan cuaca panas dan kering pekan ini.

Penduduk di wilayah terdampak telah diminta meninggalkan rumah mereka. Diperkirakan cuaca panas dan kering paling buruk akan terjadi Rabu pekan ini.

Hari Senin ini dilaporkan, sedikitnya 56 titik api masih berkobar, 12 di antaranya tidak terkontrol.

Menteri Utama NSW,  Barry O'Farrell, mengatakan pengumuman keadaan darurat ini akan memberikan otoritas tambahan kepada pemerintah dalam 30 hari mendatang, termasuk kewenangan untuk meminta penduduk meninggalkan satu wilayah dan memutus pasokan gas dan listrik jika dipandang perlu.

Komisioner Shane Fitzsimmons menambahkan, skenario terburuk akan terjadi jika tiga titik api besar di pengunungan Blue Mountains saling tersambung.

"Kami tidak berharap terjadinya evakuasi dan pemindahan penduduk dari kota-kota kecil di sekitar lokasi," katanya.

O'Farrell mengatakan terakhir kali keadaan darurat diumumkan di NSW adalah ketika terjadi banjir besar di bulan Maret 2012.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com