Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Janda Josip Tito Meninggal Dunia

Kompas.com - 20/10/2013, 21:18 WIB
Pieter P Gero

Penulis

Sumber KOMPAS

BEOGRAD, KOMPAS.com - Pihak rumah sakit di Beograd, Serbia, Minggu (20/10/2013) menjelaskan, Jovanka Broz, janda dari bekar diKtator Yugoslavia Josip Broz Tito, meninggal dunia pada usia 89 tahun.

Broz yang menikah dengan Tito hampir 30 tahun meninggal di rumah sakit kemungkinan karena gagal jantung atau serangan jantung.

Kantor berita AP hari Minggu mengutip Zlatibor Loncar, kepala UGD rumah sakit Beograd menegaskan, Broz yang sudah uzur mengalami kegagalan jantung. Pihak rumah sakit tidak berhasil menyelamatkan nyawanya.

Broz dirawat di rumah sakit sejak bulan Agustus lalu. Sejak itu pihak rumah sakit terus berupaya memulihkan kesehatannya namun tidak banyak berarti sampai kematiannya. Upacara pemakamannya belum diumumkan.

Suaminya Josip Broz Tito dikenal sebagai pemimpin aksi gerilaywan semasa pendudukan Nazi Jerman atas bekas Yugoslavia selama Perang Dunia II lalu. Begitu perang usai, Tito langsung mengambil alih kekuasaan di Yugoslavia yang kini terpecah menjadi beberapa negara antara lain Serbia, Krosia dan Bosnia-Herzegovina.

Semasa berkuasa, Tito dikenal dengan gaya pemerintahan otoriter dan tangan besi karena Yugoslavia yang multietnis. Namun eksistensi Yugoslavia berakhir dengan kematian Tito pada tahun 1980.

Begitu Tito tutup usia, penguasa setempat langsung menghapus semua hak Broz dan kemudian secara tak resmi menempatkannya dalam tahanan rumah.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com