Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bawa Senjata Api Ilegal, India Tahan Sebuah Kapal AS

Kompas.com - 18/10/2013, 20:30 WIB

NEW DELHI, KOMPAS.com — Polisi di India mengatakan, mereka menahan awak kapal Amerika yang dituduh masuk secara ilegal ke perairan India dengan mengangkut senjata dalam jumlah besar.

Para pejabat mengatakan, kapal MV Seaman Guard Ohio ditahan pada tanggal 12 Oktober lalu oleh pengawal pantai India dan saat ini telah berlabuh di pelabuhan negara bagian Tamil Nadu.

Awak kapal yang berjumlah 35 orang termasuk warga India, Inggris, Ukraina, dan Estonia.

Pemilik kapal, AdvanFort, mengatakan bahwa kapal itu terlibat dalam operasi antipembajakan di Samudra Hindia. Namun, informasi yang diberikan oleh Pemerintah India dan perusahaan keamanan yang bermarkas di Amerika berbeda.

Pemerintah India mengatakan, mereka mencegat kapal Amerika tersebut pada akhir pekan lalu saat dilaporkan berlayar di lepas pantai Tamil Nadu. Polisi juga mengatakan bahwa mereka menemukan senjata dan amunisi, tetapi tidak dilaporkan secara resmi.

Namun dalam satu pernyataan, AdvanFort mengatakan bahwa penjaga pantai dan polisi India mengizinkan kapal itu memasuki pelabuhan untuk mengisi bahan bakar dan berlindung dari angin topan yang menghantam pesisir timur pada akhir pekan lalu.

Perusahaan itu mengatakan, semua senjata dan peralatan di kapal telah dilaporkan.

Dalam beberapa tahun terakhir, pembajakan merupakan ancaman besar bagi kapal-kapal dagang di Samudra Hindia dan Laut Arab. Namun, serangan berkurang akhir-akhir ini antara lain karena semakin banyak pengawal bersenjata yang dikerahkan di kapal-kapal.

Sampai Jumat (18/10/2013), polisi mengatakan bahwa 33 awak kapal telah dibawa ke kantor polisi untuk diperiksa. Dua di antaranya diizinkan tetap berada di atas kapal. Sejauh ini, Kedutaan Besar Amerika di India mengatakan kepada BBC, mereka belum mau memberikan komentar.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com