Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polisi India Amankan Situs Kuil "1.000 Ton Emas"

Kompas.com - 18/10/2013, 19:46 WIB

NEW DELHI, KOMPAS.com - Polisi di India Utara mengamankan sebuah situs arkeologi setelah seorang pemuka Hindu mengatakan ia bermimpi ada sekitar seribu ton emas yang terkubur di daerah itu.

Pemuka agama itu, Shobhan Sarkar, mengatakan ia bermimpi emas itu terkubur di kuil abad ke-19 yang sudah rusak di daerah Unnao, negara bagian Uttar Pradesh.

Sarkar menceritakan mimpinya kepada seorang menteri yang kemudian meminta para pejabat daerah untuk melakukan survei dan penggalian.

Akibatnya, ratusan warga desa berkumpul di seputar kuil tersebut setelah dilakukan penggalian. Banyak di antaranya berdoa serta sambil menunggu kesempatan untuk mendapat sedikit emas.

Pihak berwenang membuat barikade untuk mencegah masuknya penduduk desa di seputar kuil tersebut. Sebelumnya sejumlah penduduk desa pernah menemukan emas dan perak di kawasan tersebut.

Pemuka Hindu, Sarkar mengatakan dalam mimpinya ia bertemu dengan roh Raja Rao Ram Baksh Singh yang digantung tahun 1858 karena menentang pasukan kolonial Inggris. Menurut Sarkar, Raja Rao meminta agar ia menjaga harta karun yang terletak di bekas benteng raja.

Para pakar geologi dan arkeologi India yang melakukan survei pada Minggu lalu menemukan adanya logam keras sekitar 20 meter di bawah tanah. Pejabat setempat mengatakan satu-satunya cara untuk memastikan apakah logam yang terkubur di bawah kuil itu adalah dengan penggalian.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com