Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Obama: "Shutdown" Hancurkan Kredibilitas AS di Dunia

Kompas.com - 18/10/2013, 19:39 WIB
WASHINGTON DC, KOMPAS.com — Presiden AS Barack Obama, Kamis (17/10/2013) malam waktu AS, mengatakan, perselisihan anggaran yang mengakibatkan "shutdown" pemerintahan, merusak kredibilitas AS dan membuat rakyat AS muak terhadap Washington.

Pernyataan ini disampaikan Obama dalam pidato dari Gedung Putih, 11 jam setelah dia menandatangani undang-undang yang mengakhiri "shutdown" pemerintahan selama 16 hari.

Kesepakatan di menit-menit terakhir di Senat dan Kongres AS hanya memberikan perbaikan sementara dan tidak menyelesaikan isu fundamental terkait defisit anggaran yang memecah Republik dan Demokrat.

"Mari kita pahami bersama, tak ada pemenang dalam masalah ini. Rakyat Amerika sudah benar-benar muak terhadap Washington," kata Obama.

Obama menambahkan, penutupan sebagian pemerintahan dan buntunya pembicaraan anggaran menimbulkan kerusakan yang tak seharusnya muncul terhadap perekonomian AS dan menghancurkan kredibilitas negeri itu di seluruh dunia.

Kini, Obama harus memberi kepastian kepada semua pemerintah dan investor di seluruh dunia bahwa kredibilitas AS tak perlu dipertanyakan. "Kita akan bangkit dari masalah ini. Kita selalu bisa bangkit," ujar Obama.

Namun, Obama mengingatkan, cara Washington menyelesaikan bermacam-macam masalah sudah saatnya diubah.  Dengan kesepakatan anggaran yang hanya menjamin operasional pemerintah hingga 15 Januari 2014 dan peningkatan pagu utang yang hanya hingga 17 Februari 2014, anggota Kongres harus menyepakati cetak biru sistem fiskal jangka panjang.

Obama menyerukan agar pemimpin kedua partai politik bekerja sama tak hanya soal proposal anggaran, tetapi juga untuk reformasi imigrasi dan masalah-masalah lain yang menyebabkan perdebatan di kongres.

"Saya paham kita tidak akan begitu saja sepakat untuk semua hal setelah awan krisis berakhir. Demokrat dan Republik masih berbeda pendapat atas banyak hal," kata Obama.

"Terkadang kita terlalu jauh berbeda hanya untuk mencapai kesepakatan. Namun, seharusnya perbedaan itu tidak menghalangi kesepakatan di masalah yang harus kita sepakati," lanjut dia.

Hal terpenting yang harus diselesaikan anggota Kongres adalah mencapai kesepakatan soal anggaran.

"Sehingga tidak akan ada kemacetan lagi awal tahun depan saat tenggat waktu untuk langkah sementara ini habis," Obama menegaskan.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber Sky News
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com