Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bongkahan Meteor Ditemukan dari Dasar Danau

Kompas.com - 16/10/2013, 22:56 WIB
Pieter P Gero

Penulis


MOSKWA, KOMPAS.com — Ilmuwan Rusia menemukan sebuah bongkahan raksasa dari meteor Chelyabinsk yang jatuh ke danau di kawasan selatan kawasan Ural, Rusia. Bongkahan meteor itu diambil dari dasar danau tak jauh dari kota Chelyabinsk.

Kantor berita AP melaporkan, Rabu (16/10/2013), bongkahan terbesar meteor itu diambil dari dasar danau Chebarkul di pinggiran kota. Pengambilan dilakukan menggunakan derek raksasa.

Sergei Zamozdra, profesor dari Universitas Chelyabinsk kepada televisi Rusia mengatakan, bongkahan besar tadi diyakini bagian dari meteor dan karenanya perlu diangkat untuk dijadikan obyek penelitian berkaitan dengan benda luar angkasa itu.

Pada Februari lalu, sebuah meteor melintas sepanjang kawasan selatan Ural dan menghunjam ke Bumi.

Hantaman meteor ini menyebabkan lebih dari 1.600 orang cedera akibat gelombang udara yang muncul dari ledakan saat meteor menghunjam Bumi. Diperkirakan kekuatan meteor saat menghantam bumi ini mencapai 20 kali bom atom Hiroshima yang dijatuhkan militer AS di atas kota Hiroshima pada Perang Dunia II lalu.

Bom atom "Little Boy" yang dijatuhkan pada 6 Agustus 1945 dari pesawat pengebom B-29 Enola Gay itu menewaskan 70.000 orang dan mencederai lebih dari 100.000 orang.


Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com