Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Diplomat Belanda Dipukuli Orang Tak Dikenal di Moskwa

Kompas.com - 16/10/2013, 15:17 WIB
MOSKWA, KOMPAS.com — Seorang diplomat senior Belanda di Moskwa dipukuli di kediamannya oleh beberapa orang tak dikenal yang meninggalkan tulisan "LGBT" di salah satu cermin. Demikian aparat kepolisian setempat menjelaskan, Rabu (16/10/2013).

Kediaman Onno Elderenbosch (60), wakil kepala misi diplomatik Belanda di Moskwa, didatangi beberapa orang yang mengaku teknisi listrik, Selasa (15/10/2013) malam. Setelah dipersilakan masuk, orang-orang itu kemudian memukuli Elderenbosch.

Para penyerang itu, menurut kantor berita Interfax, tidak mengambil satu pun barang berharga. Mereka justru menuliskan LGBT (lesbian, gay, biseksual, dan transjender) dan gambar lambang hati di sebuah cermin.

Komite Investigasi Rusia, yang khusus menangani kasus kejahatan berat, membenarkan serangan tersebut. Menurut komite, diplomat Belanda itu diikat menggunakan plester sebelum para penyerang pergi. Penyelidikan atas kasus ini sudah dibuka.

Sementara itu, Menlu Belanda Hans Timmermans lewat akun Facebook-nya mengakui insiden itu. Dia menambahkan, Elderenbosch diserang oleh dua orang. Elderenbosh sendiri hanya mendapatkan luka-luka yang tak membahayakan jiwa sang diplomat.

Insiden ini terjadi di tengah-tengah ketegangan hubungan kedua negara. Pekan lalu polisi Den Haag, Belanda, menahan seorang diplomat Rusia karena dianggap menelantarkan anak-anaknya.

Selain itu, ketegangan sudah dimulai sejak Rusia menahan 30 aktivis Greenpeace yang melakukan aksi unjuk rasa di Laut Arktik memprotes pengeboran minyak bumi di kawasan itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com