Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Panda Betina di Kebun Binatang Skotlandia Keguguran

Kompas.com - 15/10/2013, 21:51 WIB

EDINBURGH, KOMPAS.com - Pengelola kebun binatang di Inggris mengatakan bahwa satu-satunya panda betina di negara itu tidak lagi mengandung karena mengalami keguguran.

Pengelola Kebun Binatang Edinburgh, Skotlandia, mengatakan pada Selasa (15/10/2013) panda yang diberi nama Tian Tian tidak lagi hamil meskipun baru minggu lalu panda betina ini menunjukkan tanda-tanda akan menjadi induk.

Tanda-tanda yang muncul adalah TianTian mulai memproduksi kolostrum, air susu yang berwarna kekuning-kuningan yang keluar setelah melahirkan.

"Kami semua sangat sedih atas peristiwa ini setelah menunggu selama berminggu-minggu," kata Chris West, eksekutif Royal Zoological Society of Scotland, pengelola kebun binatang.

Perkembangan ini merupakan pukulan besar bagi KB Edinburgh setelah awal tahun ini menjadi pusat perhatian dengan mengumumkan bahwa Tian Tian tampak hamil.

Pengelola yakin Tian Tian berhasil diinseminasi buatan April lalu tetapi kehilangan janin di tahap akhir kehamilannya. Untuk sementara ini kondisi kesehatan panda tersebut diamati dengan seksama oleh tim ahli.

"Tim penjaga, ahli hewan dan banyak orang lainnya bekerja tanpa lelah untuk memastikan Tian Tian mendapat perawatan terbaik mungkin," kata Chris West.

Dia menambahkan tim melakukan observasi jarak jauh dan menutup kandang panda bagi pengunjung.  Beberapa ahli berpendapat dana yang dikeluarkan untuk program penangkaran panda lebih baik digunakan untuk melestarikan habitat panda di alam bebas.

Tian Tian tiba di Inggris pada awal Desember 2012 dan sempat mengalami sakit perut setelah tinggal di Kebun Binatang Edinburgh.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com