Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Bom Meledak Saat Dirakit, 2 Warga Somalia Tewas

Kompas.com - 14/10/2013, 19:15 WIB
ADDIS ABABA, KOMPAS.com - Dua warga negara Somalia tewas saat bom yang tengah mereka rakit meledak di kediaman mereka di ibu kota Etiopia, Addis Ababa, Senin (14/10/2013).

"Mereka yang tewas dipastikan warga negara Somalia," kata Menteri Penerangan Etiopia, Redwan Hussein.

Kedua warga Somalia itu masuk ke Etiopia secara ilegal. Keduanya lalu menyewa sebuah rumah di kawasan berpenduduk warga Somalia tak jauh dari bandar udara.

Belum diperoleh informasi apakah keduanya akan meledakkan bom di tengah keramaian massa di Addis Ababa  yang akan menonton pertandingan sepak bola kualifikasi Piala Dunia 2014.

"Siapa yang mengirim mereka ke sini belum diketahui. Belum ada yang mengklaim bertanggung jawab. Sasaran mereka juga belum diketahui," ujar Redwan Hussein.

Kenya, negeri tetangga Etiopia, kerap mendapat serangan kelompol Al Shabab yang menuntut Kenya menarik mundur pasukannya dari Somalia.

Etiopia yang juga berbatasan dengan Somalia, mengirim pasukannya ke Somalia pada 2011 untuk membantu pasukan Uni Afrika dan Somalia melawan kelompok militan Al Shabab.

Di masa lalu, Redwan mengatakan, beberapa rencana aksi terorisme di Etiopia berhasil digagalkan, termasuk yang mengincar KTT Uni Afrika 2010.

Pasukan Uni Eropa sudah bertugas di Somalia sejak 2007 dan berhasil memukul Al Shabab keluar dari ibu kota Mogadishu dan kota pelabuhan penting Kismayo.

Namun, Al Shabab masih menguasai kawasan yang cukup luas di wilayah selatan Somalia.

Pekan lalu, Uni Afrika memutuskan akan menambah pasukannya di Somalia sebanyak 35 persen menjadi 23.966 personel.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com