Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Polisi Moskwa Tahan 1.200 Orang dalam Operasi Anti-Imigran

Kompas.com - 14/10/2013, 17:39 WIB
MOSKWA, KOMPAS.com — Kepolisian Moskwa, Senin (14/10/2013), mengatakan telah menahan sebanyak 1.200 orang dalam sebuah operasi anti-imigran di sebuah pasar kelontong besar di ibu kota Rusia itu.

"Sekitar 1.200 orang ditangkap polisi dalam sebuah penggerebekan di pasar Biryulovo untuk memeriksa keterkaitan mereka dengan kejahatan," kata seorang juru bicara kepolisian Moskwa.

Juru bicara kepolisian itu menambahkan, penggerebekan itu merupakan sebuah operasi reguler untuk memeriksa latar belakang warga dengan setiap kejahatan yang terjadi di wilayah Moskwa.

Namun, juru bicara Komite Investigasi Rusia secara terpisah mengatakan, polisi sebenarnya tengah melakukan pencarian besar-besaran terhadap seorang pria yang dikabarkan bukan etnis Rusia yang pekan lalu membunuh seorang pemuda.

"Penyidik memiliki rekaman video yang memperlihatkan wajah tersangka. Dan, polisi menggelar operasi pencarian besar-besaran," kata juru bicara Komite Investigasi Rusia, Vladimir Markin, kepada kantor berita Interfax.

Yegor Shcherbakov (25) tewas dibunuh pekan lalu saat keluar dari sebuah tempat permainan biliar bersama kekasihnya di kawasan selatan Moskwa.

Meski etnis tersangka pembunuhan ini tidak disampaikan polisi, media Rusia mengabarkan rekaman video keamanan menampilkan sosok "non-Slavia" sebagai tersangka pembunuhan.

Pemilik dan pekerja toko di asar kelontong Moskwa sebagian besar adalah para imigran dari kawasan yang mayoritas berpenduduk Muslim di Asia Tengah dan Kaukasus.

Pada Minggu (13/10/2013), pasar Biryulyovo diserbu ratusan orang yang menduga pelaku pembunuhan masih bersembunyi di pasar itu.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Sumber
Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com