Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+

Lahan Parkir Olympic Park Sydney Terbakar, 1.500 Orang Diungsikan

Kompas.com - 14/10/2013, 05:27 WIB
Harry Bhaskara

Penulis

SYDNEY, KOMPAS.com — Jilatan api setinggi tiang telepon menyapu tempat parkir Olympic Park Sydney, Australia, Minggu (13/10/2013). Puluhan mobil meledak dan lebih dari 1.500 orang diungsikan dari pusat akuatik Homebush.

Angin panas dan temperatur yang tinggi memaksa ratusan petugas pemadam kebakaran bertarung melawan enam titik api di negara bagian New South Wales. Kebakaran di kawasan Homebush, di bagian Barat Sydney ini, diduga dipicu rumput kering yang terbakar.

Sebanyak 70 mobil terbakar, dengan 43 di antaranya hancur total, menurut keterangan kepolisian, seperti dilansir Sydney Morning Herald, Senin (14/10/2013). Jumlah mobil yang terbakar diperkirakan masih akan bertambah, berdasarkan pernyataan Komandan Pemadam Kebakaran Ian Krimmer, Minggu malam.

Seorang saksi mata, Todd Fordham, mengatakan bahwa ia melihat sedikitnya lima mobil terbakar lalu meledak dan mengepulkan asap yang membubung tinggi ke angkasa. "Ledakan terdengar hampir setiap 20 menit," tambahnya. 

"Juga ledakan ban mobil, selain tangki bensin. Asap yang tadinya kecil menjadi semakin besar," tutur Fordham. Dia pun mengatakan bahwa saking hebatnya kebakaran, lidah api sampai setinggi tiang telepon. "Sangat mengerikan. Angin bertiup kencang disertai asap dan ledakan," ujar dia.

Selain kawasan ini, kebakaran besar juga melanda kawasan Salt Ash dan Webb Creek. Krimmer mengatakan, penyebab utama kebakaran masih ditelusuri.

Simak breaking news dan berita pilihan kami langsung di ponselmu. Pilih saluran andalanmu akses berita Kompas.com WhatsApp Channel : https://www.whatsapp.com/channel/0029VaFPbedBPzjZrk13HO3D. Pastikan kamu sudah install aplikasi WhatsApp ya.

Video rekomendasi
Video lainnya


Terkini Lainnya

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
komentar di artikel lainnya
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke
Login untuk memaksimalkan pengalaman mengakses Kompas.com